Bagian-Bagian Microsoft Excel Beserta Fungsinya (User Interface Excel)

Menjelaskan tentang user interface atau bab cuilan microsoft excel beserta fungsinya pada microssoft excel 2007 , 2010 , 2013 , dan microsoft excel 2016
Bagian-bagian Microsoft Excel

Setelah mengenal microsoft Excel kini kita akan berkenalan dengan user interface atau penampilan antar wajah microsoft Excel. Mengetahui fungsi bagian-bagian microsoft excel ini penting mudah-mudahan produktifitas kita dalam menggunakan excel menjadi lebih optimal.

Semenjak dikenalkannya microsoft office Excel model 2007 , ada banyak pergantian dalam hal penampilan pada excel. Sedangkan pada versi-versi berikutnya (excel 2010 , excel 2013 dan yang terakhir excel 2016) cuma terdapat sedikit perubahan.


Berikut bagian-bagian utama pada aplikasi pengolah angka microsoft excel.

Start Screen Pada Microsoft Excel


Semenjak model excel 2013 , microsoft mulai memperkenalkan startscreen atau penampilan permulaan menyerupai dibawah ini di saat anda pertama kali membuka aplikasi microsoft office excel.

Start Screen Pada Excel 2016

Tampilan start screen ini di bagi dalam 2 panel.
  1. Pada Panel Sebelah kiri akan anda peroleh daftar dari file-file excel yang gres kita buka sebelumnya. Pada bab kiri start screen excel ini juga akan kita peroleh suatu tombol atau santapan Open Other workbooks ada ada dibagian bawah panel kiri ini. Menu ini sanggup kita fungsikan untuk menegaskan file tabungan yang mau kita buka jikalau kita hendak membuka file yang tidak terdapat pada daftar file diatasnya.
  2. Pada Panel sebelah kanan terdapat defaut template yang tersedia pada microsoft excel. Jika tempalte yang kita perlukan tidak ada , kita sanggup menggunakan kotak penelusuran pada bab atas untuk menjalankan penelusuran template excel dari database yang dimiliki oleh microosft excel secara online.

Untuk membuka file gres klik/pilih pada daftar pertama yang berjulukan Blank Workbook. Selain menegaskan template blank workbook kita sanggup juga menggunakan shortcut Ctrl + N untuk membuka file kosong baru.

Pada microsoft office 2013 , bab start screen ini akan terbuka secara default di saat kita membuka microsoft excel. Jika anda mengharapkan eksklusif membuka Blank workbook , start screen ini sanggup kita non aktifkan dengan cara membuka File--Options--General dan pada golongan start up option hilangkan centang pada bab Show the start screen when the application starts menyerupai yang sanggup Anda lihat pada gambar berikut.

Cara Menonaktifkan Start Screen Pada Excel

Application Window Pada Excel


Setelah sukses membuka Blank Workbook maka anda akan mendapat penampilan aplikasi yang kurang lebih semacam dibawah ini.

Bagian bab microsoft excel 2010 ,2013 ,2016

Beberapa bab excel dari penampilan jendela aplikasi excel merupakan selaku berikut:
  1. Quick Acces Toolbar: Bagian ini menampung Buttons atau tombol-tombol santapan lazim yang sering kita gunakan. Tombol-tombol ini sanggup kita sesuaikan dengan kebutuhan.

    Detailnya sanggup anda pelajari pada halaman berikut: Quick Access Toolbar Pada Microsoft Excel
  2. Ribbon: Bagian ini merupakan kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab menurut fungsi-fungsinya mulai Home , Insert , Page Layout , Formula , Data , Review , View. dan Tab Developper yang secara default disembunyikan.

    Pada masing-masing Tab dikelompokkan menurut seri fungsinya. Misal pada Tab Home: Clipboard , Font , Alignment , dan seterusnya.

    Detailnya sanggup anda pelajari pada halaman berikut: Ribbon pada microsoft Excel
  3. Formula Bar: Bagian ini berbincang alamat cell yang aktif beserta isinya. Formula kafetaria juga merupakan kawasan dimana nanti kita akan menuliskan rumus atau formula excel.

    Detailnya sanggup anda pelajari pada halaman berikut: Formula Bar Pada Microsoft Excel
  4. Worksheet Area: Sering disbut juga selaku Workspace. Berisi kumpulan cell yang diidentifikasi menurut kolom (Column) dengan simbol karakter A , B , C dst. dan baris (Row) dengan simbol angka 1 , 2 , 3 dst. Didalam cell inilah kita menyusun data-data sesuai kebutuhan.

    Penjelasan lebih lanjut tentang isi worksheet area ini sanggup anda pelajari pada dua halaman berikut:
    Workbook Dan Worksheet Pada Microsoft Excel
    Pengertian Row , Column , Cell dan Range di Excel
  5. Status Bar: Bagian ini berbincang isu status agenda Excel yang sedang berjalan.

    Detailnya sanggup anda pelajari pada halaman berikut: Status Bar Pada Microsoft Excel

Backstage View Pada Office Excel


Backstage View Pada Excel 2016

Tampilan Backstage View ini akan timbul di saat kita meng-klik santapan file yang ada disebelah Tab Home Pada Ribbon. Backstage view ini mulai diperkenalkan sejal versi Excel 2010.

Pada backstage view ini , akan kita peroleh isu yang terkait dengan file excel yang sedang kita buka serta santapan atau tombol option untuk pengaturan excel.

Ribbon Excel


Ribbon Excel

  1. Tabs Menu: Berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai fungsinya. Secara default terdapat Tab Home , Insert , Page Layout , Formulas , Data , Review dan View. Sedangkan Tab Developper disembunyikan. untuk menampilaknnya kita perlu menjalankan pengaturan apalagi dahulu.
  2. Group Menu: Didalam masing-masing Tab tombol dikelompokkan lagi dalam beberapa group. Maisng-masing group dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout diatas terdapat Group Themes , Pade setup , Scale to fit , Sheet Options dan Arrange.
  3. Command Buttons: Didalam group terdapat beberapa Command Button atau tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.
  4. Dialog Box Launcher: Pada beberapa sudut Menu Group terdapat Dialog Box Launcher untuk memperlihatkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing group yang secra default pengaturan ini tidak ditampilkan.

Untuk klarifikasi lain silahkan dipelajari pada halaman berikut: Ribbon Pada Microsoft Excel

Contextual Tabs


Contextual Tabs Excel

Ketika memilih object-object tertentu pada Excel , akan timbul Tab gres yang pada mulanya tidak ada. Dalam tab ini berisi command button atau tombol perintah yang memang dikhususkan untuk object yang kita select tersebut.

Sebagai pola di saat aku menyertakan Sebuah Chart didalam excel dan Chart tersebut aku klik maka timbul Contextual Tabs "Chart Tools" yang berisikan dua tab , Design dan Format.


Sebelum pergi jangan lupa di Bookmark dan share postingan bimbingan excel ini dengan tombol yang tersedia di bawah. Salam Kelas Excel.

Tidak ada komentar untuk "Bagian-Bagian Microsoft Excel Beserta Fungsinya (User Interface Excel)"