Cara Menghasilkan Pivottable Excel Untuk Menghasilkan Laporan Dan Analisis Data
Tutorial cara menciptakan PivotTable excel. Latihan menciptakan dan menggunakan PivotTabel sederhana untuk menciptakan laporan dan analisis data dengan gampang dan cepat pada Ms. excel.

Tutorial Pivot Table Excel - Apakah anda pernah mendengar ungkapan PivotTable? Jika belum maka anda sedang membaca postingan yang tepat. Kalaupun sudah pernah mendengar tetapi masih kesusahan bagaimana menciptakan pivot table pada microsoft excel maka silahkan baca tutorial excel ini hingga selesai , alasannya yaitu pada tutorial kali ini kelas excel akan mengajak anda untuk mencar ilmu pivot table dan berlatih membuat dan menggunakan pivot table pada excel.
Pengertian Pivot Table
Apa pemahaman PivotTable di Excel?
Sebelum mencar ilmu pivot table excel lebih lanjut , kita perlu tahu dahulu maksud ungkapan pivottable itu sendiri.
Pivot Table yaitu suatu tabel interaktif yang dalam waktu singkat bisa memperlihatkan ringkasan data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berlainan serta bisa melakukan kalkulasi pada setiap item yang diperlukan dengan menggunakan cara perkiraan sesuai kebutuhan.
Jika anda memiliki data yang berisikan banyak kolom atau field , pastinya dari data tersebut perlu bisa di baca untuk sanggup diartikan atau ditarik kesimpulan maknanya.
Namun demikian dengan adanya ratusan , ribuan , atau bahkan ratusan ribu baris data pastinya akan sulit bila anda mesti menyimpulkan kecenderungan apa yang terjadi pada data anda , membandingkan antar field atau kolom satu dengan yang yang lain , perulangan data , relasi perulangan data pada suatu periode , dan lain sebagianya.
Untuk melakukan evaluasi pada data tersebut diinginkan tindakan pengelompokan , pengurutan serta pembuatan data sesuai dengan kebutuhan.
Microsoft Excel sebenarnya sudah menawarkan fitur sorting (pengurutan data) , filtering (penyaringan data) serta subtotal (pengelompokan dan perkiraan data) pada suatu table , tetapi bila anda merasa fitur atau akomodasi tadi masih kurang maka kelihatannya anda memerlukan Pivot Table Excel ini.
Kalau merujuk pada laman wikipedia , pivot table di artikan selaku berikut :
A pivot table is a table that summarizes data in another table , and is made by applying an operation such as sorting , averaging , or summing to data in the first table , typically including grouping of the data.
Pivot Table yaitu suatu tabel yang merangkum data pada tabel lain yang ditangani dengan menerapkan operasi tertentu seumpama sortasi , rata-rata , atau penjumlahan ke data pada tabel pertama , umumnya tergolong pengelompokan data.
Pada microsoft excel PivotTable ialah salah satu fitur excel yang sungguh powerfull untuk meringkas , mengevaluasi , meng-explore , serta menyuguhkan data Anda. Penyajian data dengan pivot table relatif sungguh cepat untuk dibentuk dengan berulang kali klik tanpa mesti dipusingkan dengan aneka macam macam rumus excel (Excel Formula). Pivot Table sungguh fleksibel dan sanggup dengan segera diadaptasi , tergantung pada impian dalam memperlihatkan hasil.
Silahkan amati 2 Tabel data pemasaran berikut:

Isi pada kedua tabel tersebut sebenarnya sama , cuma saja susunan kolomnya yang berbeda. Meskipun datanya sama , saya percaya anda akan mendapat citra yang berlainan dari kedua model laporan pemasaran tersebut.
Bagaimana bila tabel data yang hendak kita evaluasi memiliki banyak kolom (field) serta ribuan baris (record). Tentunya akan ada lebih banyak sudut pandang yang dapat anda pakai dalam penghidangan tabel data anda.
Pivot Table sanggup ditaruh pada range tertentu atau worksheet lain sesuai pilihan anda tanpa mesti merubah tabel data aslinya. Kalaupun ada pergantian data pada tabel sumber maka dengan gampang pivot tabel sanggup menyesuaikan dengan pergantian sumber data tersebut.
Manfaat Menggunakan Pivot Table
Apa saja faedah yang dapat kita peroleh dengan penggunaan Pivot Table dalam penghidangan data?
Dengan mempergunakan fitur Pivot Table pada Excel anda akan sanggup dengan gampang melakukan hal-hal berikut:
- Membuat penghidangan data dengan beberapa penampilan yang berlainan dari sumber data yang sama
- Memindahkan field pada aneka macam lokasi yang berbeda
- Menentukan field atau kolom mana saja yang hendak ditampilkan dalam penghidangan laporan atau ringkasan data
- Melakukan kalkulasi atau menghimpun field-field data numeric dalam beberapa cara (SUM , COUNT , AVERAGE , Dan lain-lain)
- Melakukan filter untuk memperlihatkan nilai-nilai data yang mana saja yang hendak ditampilkan
- Membuat laporan dalam bentuk lain dari suatu pivot table yang sudah dibuat
- Membuat pivot chart dari suatu pivot table yang sudah ada
Tentu saja bukan cuma beberapa hal diatas saja faedah dari fitur pivot table pada excel ini. Manfaat lebih jauh akan anda dapatkan di saat sudah sudah biasa dan berpengalaman menggunakan Pivot Tabel ini.
Lalu bagaimana cara menciptakan pivot tabel pada microsoft excel? bagaimana menggunakan pivot table di excel?
Persiapan Membuat Pivot Table di Excel
Sebelum berlanjut membahas mengenai cara pengerjaan pivot tabel di excel , ada beberapa hal yang perlu anda amati sebelum menciptakan pivot table.
- Pastikan tidak ada baris atau kolom yang kosong pada range data yang hendak anda buat selaku sumber data pivot table. Jika ada kolom atau baris kosong silahkan hapus apalagi dahulu. Tutorialnya bisa anda baca disini: Cara Praktis Menghapus Kolom dan Baris Kosong Di Excel
- Setiap kolom pada data sumber mesti memiliki nama yang unik (unique header name). Usahakan header atau kepala kolom ini jangan terlalu panjang. Buat sesingkat mungkin asal mewakili jenis data pada baris-barisnya
- Hindari penggunaan merge cell pada header tabel sumber data anda.
- Tipe data pada setiap kolom mesti sama. Misalnya , jangan mencampurkan tipe data tanggal dan teks dalam 1 kolom yang sama.
- Sangat di anjurkan menerapkan Format Table pada data sumber , hal ini akan memudahkan anda dalam pengerjaan tabel pivot serta melakukan updating data bila memang diperlukan. Pembahasan rincian mengenai Format Table Excel bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Membuat Tabel di Excel
- Selain mengendalikan sumber data selaku format table anda dapat juga menerapkan "Defined Range" untuk menamai range data tersebut. Dalam hal ini semestinya nama range di atur selaku nama range yang dinamis. Tutorialnya bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Membuat Nama Range Dinamis pada Excel
Selain beberapa hal di atas , sebelum menciptakan PivotTable Excel , anda juga perlu mempersiapkan atau membayangkan seumpama apa data anda akan diringkas dan ditampilkan.
Secara lazim tidak semua kolom-kolom data akan ditampilkan pada pivot table , cuma beberapa saja yang hendak digunakan dalam setiap pivot table , pastinya hal ini menyesuaikan keperluan anda dalam memperlihatkan data summary dari sumber data yang anda miliki.
Latihan Membuat Pivot Table Pada Excel
Hal yang terpenting sebelum menciptakan atau menyusun pivot table pada excel pastinya menyiapkan data sumbernya sebagaimana pemberitahuan sebelumnya.
Dalam contoh tindakan penyusunan latihan pivot table ini saya menggunakan microsoft excel 2016. Jika anda menggunakan model yang lebih usang anda masih bisa menciptakan pivot table tetapi dimungkinkan ada beberapa bab misalnya soal penampilan yang sedikit berbeda.

Setelah sumber data sudah siap , langkah yang diinginkan untuk menciptakan suatu pivot table sederhana yaitu selaku berikut:
- Klik salah satu sel atau range data yang hendak kita buat pivot tabel-nya.
- Pilih sajian Pivot Table yang ada di Tab Insert--Table--Pivot Table. Langkah ini bisa anda laksanakan dengan menggunakan shortcut Alt + N.
![Insert PivotTable Excel Insert PivotTable Excel]()
Jika anda menggunakan Format Table pada data sumber , langkah 2 di atas dapat juga Anda laksanakan dengan cara menegaskan sajian Summarize With Pivot Table yang ada pada Tab Table Tools--Tools Group.![Summarize With PiVot Table Excel Summarize With PiVot Table Excel]()
Ketiga langkah diatas (Menggunakan shortcut , sajian Insert PivotTable atau sajian Summarize With Pivot Table Excel) akan menciptakan kotak pembicaraan Create PivotTable yang sama. - Apabila langkah anda benar , berikutnya akan timbul suatu pembicaraan box Create PivotTable Dengan nama tabel otomatis sudah terisi. Dalam contoh ini nama tabel sumber yang digunakan yaitu "Tabel Sumber".
![Create PivotTable Dialog Box Create PivotTable Dialog Box]()
Jika menginginkan range data yang lain anda tinggal menyesuaikannya.
Selanjutnya tentukan dimana hasil Tabel Pivot akan ditaruh pada pilihan Choose where you want the PivotTable report to be placed. Pada suatu lembar kerja (Worksheet) gres atau pada worksheet yang sudah ada.
Pada latihan pivot table ini saya menegaskan New Worksheet yang artinya excel akan menciptakan suatu Sheet gres selaku wilayah dimana PivotTable akan diletakkan. Jika anda menegaskan Existing Worksheet , tentukan pada cell/range mana PivotTable akan diletakkan.
Selanjutnya Klik OK Untuk menciptakan pivot table gres dengan pengaturan diatas. - Setelah menegaskan OK pada kotak pembicaraan sebelumnya , akan timbul sheet gres yang berisi Bidang PivotTable kosong pada workbook anda. Selain itu pada bab sebelah kanan akan timbul PivotTable Fields.
![Create a blank PivotTable Create a blank PivotTable]()
Bidang PivotTable kosong di sebelah kiri yaitu wilayah dimana PivotTable akan ditampilkan , sedangkan PivotTable Fields yaitu pengaturan field-field data PivotTable apa sajakah yang hendak ditempakan pada bab Row , Column , Value atau Filter. - Langkah Selanjutnya yaitu melakukan Drag and Drop atau dengan cara menegaskan pada bab PivotTable Fields untuk menegaskan filed-field mana yang hendak kita letakkan pada bagian-bagian PivotTable (Row , Column , Value dan Filter).
![Excel PivotTable Fields Excel PivotTable Fields]()
Keterangan:- FILTERS: Area ini diisi dengan field yang hendak kita jadikan selaku pola filter yang hendak menyaring data pada tabel pivot yang hendak kita buat.
- COLUMNS:Area ini berisi field dan akan disusun secara mendatar (horizontal) yang kebanyakan bisa dianggap selaku header dari nilai-nilai yang ditampilkan pada PivotTable.
- ROWS: Area ini berisi field yang hendak ditampilkan secara menurun (vertikal) secara urut di sebelah kiri area PivotTable.
- VALUE: Bidang ini berisi fields yang menegaskan data mana saja yang hendak dihidangkan di area tabel pivot sesuai kebutuhan. Biasanya berupa angka-angka.
Pada latihan ini saya atur pada bab Rows yaitu Field BARANG dan KUARTAL , pada bab Columns yaitu field TAHUN , Pada bab Values yaitu Field JUMLAH dan terakhir pada bab Filters saya isi dengan Field SUPLIER.
Bagian terakhir atau Filters bersifat opsional , bila memang tidak diperlukan tidak dilema dikosongkan. Sedangkan tiga bab pertama kebanyakan mesti diisi. - Jika tindakan yang anda laksanakan persis seumpama di atas maka penampilan PivotTable yang hendak anda peroleh kurang lebih akan seumpama gambar berikut ini:
![Bagian-bagian PivotTable Pada Excel Bagian-bagian PivotTable Pada Excel]()
Jika anda menggunakan microsoft excel 2013 atau yang lebih gres , selain cara di atas , langkah ke-2 dapat juga digantikan dengan menggunakan sajian Recommended PivotTables.

Apabila menggunakan sajian ini maka excel akan menjajal mengerti dan mengevaluasi keperluan layout PivotTable yang anda butuhkan. Silahkan diseleksi beberapa layout yang ditawarkan dan berikutnya Anda cuma perlu klik OK.
Saat menggunakan cara ini maka excel akan otomatis menempatkan beberapa field pada bagian-bagian yang diputuskan sesuai dengan rekomendasi yang anda pilih.
Cara Melakukan Update Data Pivot Table Excel
Sudah lazim kita pahami bahwa suatu tabel data bisa berubah setiap di saat sesuai kebutuhan. Perubahan ini bisa jadi dikarenakan penambahan data , penghematan data atau cuma sekedar editing atau pembenahan pada suatu tabel data.
Jika data ini kita jadikan selaku data sumber PivotTable bagaimana cara melakukan update PivotTable yang kita buat dari data ini?
Seperti yang sudah di jelaskan di atas , sungguh diusulkan menerapkan format table pada sumber data pivot anda. Salah satu kelebihannya yaitu untuk memudahkan melakukan update data bila sumber data yang anda pakai untuk tabel pivot ialah suatu data yang dinamis atau berubah setiap saat.
Apabila data sumber pivot yang anda pakai ialah suatu Format Table atau Nama Range yang dinamis maka untuk melakukan update data cukup dengan mengguanakn sajian Refresh yang dapat anda dapatkan di Pivot Table Tools--Tab Analyze--Data Group--Refresh.

Cara lain , bila data sumber anda ialah suatu range statis maka untuk melakukan update PivotTable yaitu dengan menyesuaikan kembali range sumber pada pivot table yang dapat anda laksanakan dengan menegaskan sajian Pivot Table Tools--Tab Analyze--Data Group--Change Data Source. Selanjutnya Anda cuma perlu menegaskan atau menuliskan range data gres yang hendak anda jadikan selaku suber data pivot.

Pada dasarnya tindakan diatas sudah cukup untuk menciptakan suatu Pivot Table , tetapi pastinya PivotTable yang sudah kita buat tadi perlu di konsep dan di format lebih lanjut mudah-mudahan tampilannya lebih yummy dan gampang untuk dilihat dan dibaca. Bagian ini akan kita diskusikan lain kali. Untuk sesi pengenalan latihan PivotTable ini saya cukupkan hingga disini dulu. Sampai jumpa pada seri tutorial PivotTable selanjutnya.
Download File Latihan
File latihan PivotTable yang digunakan dalam tutorial ini bisa anda unduh lewat link di bawah ini :
LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!
Jika tutorial ini berfaedah silahkan share terhadap teman-teman anda lewat media lazim yang anda pakai , mudah-mudahan keuntungannya bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.






Tidak ada komentar untuk "Cara Menghasilkan Pivottable Excel Untuk Menghasilkan Laporan Dan Analisis Data"
Posting Komentar