Fungsi Database (Dsum| Daverage| Dmax| Dmin| Dcount| Dan Dcounta) Pada Excel

Contoh dan cara menggunakan fungsi database excel : Fungsi DSum , Fungsi DAverage , Fungsi DMax , Fungsi DMin , Fungsi DCount dan Fungsi DCounta pada rumus excel
Fungsi Rumus Database Excel

Fungsi/Rumus Database Excel - Meskipun fungsi utama office excel bukanlah untuk pengelolaan database , tetapi bukan mempunyai arti excel tidak sanggup dipakai untuk kebutuhan tersebut. Terlebih excel sendiri secara default sudah menyediakan beberapa fungsi database khusus yang sanggup dipergunakan untuk pengelolaan suatu database.

Database sendiri sanggup diartikan selaku sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau hukum tertentu yang saling berelasi/terkait sehingga membuat lebih mudah pengguna untuk mengurus dan mendapat pemberitahuan yang diperlukan.

Pada Office Excel database merupakan:
sekelompok data pada range data atau rentang sel tertentu yang saling terkait serta sudah disusun sedemikian rupa dimana baris pertama berisi Label untuk masing-masing kolom yang disebut selaku Field (Bidang Data) dan baris-baris selanjutnya biasa disebut selaku Record (Rekaman data).

Membaca perumpamaan field pastinya sudah tidak abnormal lagi apabila sebelumnya anda sudah membaca bimbingan excel kami wacana Pivot Table.

Setidaknya ada 12 fungsi yang dikategorikan selaku Fungsi Database Excel atau sering juga disebut selaku Fungsi D , fungsi-fungsi excel tersebut antara lain:
  1. Fungsi DSUM
  2. Fungsi DAVERAGE
  3. Fungsi DMAX
  4. Fungsi DMIN
  5. Fungsi DCOUNT
  6. Fungsi DCOUNTA
  7. Fungsi DGET
  8. Fungsi DPRODUCT
  9. Fungsi DSTDEV
  10. Fungsi DSTDEVP
  11. Fungsi DVAR
  12. Fungsi DVARP

Pada bimbingan excel kali ini anda akan kami ajak untuk mencar ilmu 6 fungsi Database. Sebagian yang lain akan kita pelejari lain waktu. Fungsi-fungsi excel dimaksud yaitu Fungsi DSUM , DAVERAGE , DMAX , DMIN , DCOUNT , dan fungsi DCOUNTA.

Sepintas fungsi-fungsi ini memang menyerupai dengan Fungsi Statistik biasa yang lain yang sudah pernah kita bahas. Namun , fungsi ini memiliki spesialisasi tertentu yang memang dikhususkan dalam hal pengelolaan database , sementara fungsi statistik lazim dipakai pada pengelolaan range atau rentang data secara umum.


Cara Menggunakan Fungsi Database Excel


Secara lazim cara menggunakan fungsi database excel ini sama yaitu menggunakan sintaksis berikut:

NAMA_FUNGSI(Database; Field; Kriteria)

Yang membedakan hanyalah nama fungsi yang mau dipakai untuk mendapat hasil tertentu sesuai dengan fungsinya. Kegunaan masing-masing fungsi excel ini akan diterangkan lebih lanjut pada kepingan selanjutnya.

Keterangan Syntax Fungsi Database


Seperti yang sanggup anda baca pada cara penggunaan di atas , fungsi Database menggunakan 3 argumen: Database , Field dan Kriteria.
  • Database: Merupakan range data atau rentang sel yang membentuk suatu daftar atau database tertentu yang mau kita agregasi hasilnya.
  • Field: Menunjukkan Field atau kolom mana yang mau di agregasi atau dipakai oleh fungsi database ini. Argumen ini sanggup kita isi dengan Label atau nama field , sanggup juga anda isi dengan angka tertentu yang menyediakan nomor urut posisi field tersebut pada kolom-kolom database dari arah kiri. Misal angka 1 menyediakan kolom atau field pertama dan angka 2 menyediakan field atau kolom kedua dalam Database.
  • Kriteria: Adalah rentang sel atau range data lain yang berisi standar atau syarat tertentu yang Anda pastikan selaku pola agregasi dalam fungsi database. Kriteria ini setidaknya menampung 2 baris data dimana baris pertama berisi Label data yang serupa persis dengan Label field pada database dan baris-baris selanjutnya ialah pola standar , syarat atau keadaan tertentu yang mau kita terapkan.

Untuk lebih jelasnya mari kita teruskan untuk membahas contoh dan cara menggunakan masing-masing fungsi Database excel yang sudah aku sebutkan sebelumnya.

Namun sebelum itu amati bahwa dalam pembahasan di bawah ini kami menggunakan sumber database selaku berikut. Untuk itu seharusnya anda juga ikut menciptakan sample file menyerupai dibawah ini:

Contoh Fungsi Database Excel

Fungsi DSUM Excel


Fungsi atau Rumus DSUM dipakai untuk mendapat jumlah data pada suatu field database yang menyanggupi standar tertentu. Secara lazim fungsi DSUM kegunaanya identik dengan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS yang sudah pernah kita diskusikan sebelumnya dan sedikit berlainan dengan fungsi SUM yang dipakai untuk mengkalkulasikan total penjumlahan tanpa kriteria.

Bagaimana cara menggunakan fungsi DSUM excel ini? Perhatikan dan praktekkan contoh rumus DSUM berikut ini.

Cara Menggunakan Fungsi DSUM


Perhatikan contoh database pegawai di atas. Database pegawai tersebut menampung beberapa field , yaitu ID , Nama , Kelamin , Tanggal Lahir , Umur dan Gaji yang disusun pada range B2:G10.

Dari susunan database di atas , berapakah jumlah total honor pegawai yang berumur lebih dari 30 tahun?

Untuk mendapat jumlah honor pada database tersebut buatlah apalagi dulu suatu range standar yang menampung Label "UMUR" dan kriteria/syarat yang mau diterapkan. Pada contoh rumus Dsum ini standar ditaruh pada range I2:I3.

Contoh Fungsi DSUM Excel

Adapun Rumus DSUM yang dipakai untuk mendapat hasil sesuai standar diatas yaitu selaku berikut:

=DSUM(B2:G10;"GAJI";I2:I3)

Apabila anda sudah sudah biasa menggunakan advanced filter aku percaya anda tidak akan kesusahan mengetahui cara menggunakan Rumus DSUM atau rumus-rumus database excel ini. Penerapan standar pada rumus database memang menyerupai dengan penerapan standar pada fitur advanced filter yang sudah pernah kita diskusikan sebelumnya.

Fungsi DAVERAGE Excel


Fungsi atau Rumus DAVERAGE dipakai untuk mengkalkulasikan nilai rata-rata pada suatu field database yang tepat dengan keadaan atau standar tertentu. Rumus DAVERAGE dalam kalangan fungsi statistika menyerupai dengan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERGAEIFS yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya.

Cara Menggunakan Fungsi DAVERAGE


Dengan sumber database yang serupa apabila anda mengharapkan rata-rata honor untuk pegawai pria (L) saja maka Rumus DAVERAGE yang dipakai yaitu menyerupai di bawah ini:

=DAVERAGE(B2:G10;"GAJI";I2:I3)

Contoh Fungsi DAVERAGE Excel

Pada contoh rumus DAverage diatas I2:I3 menyediakan range standar yang mana pada Sel I2 berisi teks "KELAMIN" sesuai dengan label field jenis kelamin pada database sedangkan I3 berisi teks "L" yang menyediakan tipe/jenis kelamin pada database yang mau dijumlah nilai rata-ratanya.

Fungsi DMAX Excel


Kalau fungsi MAX dipakai untuk mendapat nilai nilai maksimum dari suatu range data secara lazim , fungsi DMAX pada excel dipakai menciptakan nilai angka terbesar field record suatu database yang sesuai dengan syarat atau standar yang anda tentukan.

Cara Menggunakan Fungsi DMAX


Contoh rumus DMax Misalnya dipakai pada database diatas untuk mengetahui usia tertinggi untuk pegawai Laki-laki , rumus DMAX yang dipakai adalah:

=DMAX(B2:G10;"UMUR";I2:I3)

Contoh Fungsi DMAX Excel

Seperti sebelumnya jangan lupa menyesuaikan range standar yang digunakan.

Pada dasarnya anda bebas menaruh range standar ini pada worksheet mana saja , cuma saja biasanya jangan ditaruh dibawah database. Sebab secara lazim record suatu database akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Fungsi DMIN Excel


Kebalikan dari fungsi DMAX , fungsi DMIN pada excel dipakai menciptakan nilai angka terkecil field record suatu database yang sesuai dengan syarat atau standar yang anda tentukan. Sama dengan fungsi MIN yang dipakai untuk mendapat nilai minimum suatu range angka tanpa standar tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi DMIN


Misalnya untuk mengenali pegawai perempuan termuda dan tercanti pada databse diatas (ehh tanpa tercantik ya) yaitu dengan menggunakan rumus DMIN excel menyerupai berikut ini:

=DMIN(B2:G10;"UMUR";I2:I3)

Contoh Fungsi DMIN Excel

Pada contoh rumus DMin di atas nilai umur atau usia pegawai terkecil yang dihasilkan yaitu 22 Tahun untuk jenis kelamin wanita.

Fungsi DCOUNT Excel


Mirip dengan fungsi Count yang dipakai untuk mengkalkulasikan sel-sel dalam range data yang berisi angka , fungsi DCOUNT pada excel juga dipakai untuk mengkalkulasikan sel yang berisi angka dalam database , tetapi dengan standar tertentu. Makara tolong-menolong fungsi ini lebih menyerupai dengan fungsi Countif atau fungsi countifs dalam klasifikasi fungsi statistik.

Cara Menggunakan Fungsi DCOUNT


Contoh fungsi Dcount excel ini misalnya untuk mengenali jumlah data pada field umur yang berisi angka untuk pegawai yang mendapat honor diatas 1.500.000 rumus excel yang dipakai adalah:

=DCOUNT(B2:G10;"UMUR";I2:I3)

Contoh Fungsi DCOUNT Excel

Fungsi DCOUNTA Excel


Fungsi DCOUNTA pada excel dipakai untuk mengkalkulasikan jumlah sel yang tidak kosong dalam database yang menyanggupi standar tertentu yang kita tentukan.

Apabila anda sering menggunakan fungsi COUNTA pasti tidak akan abnormal lagi dengan fungsi database satu ini.

Cara Menggunakan Fungsi DCOUNTA


Pada database di atas untuk mengenali jumlah file atau sel-sel pada field "KELAMIN" yang tidak kosong (ada isinya) Dengan syarat bahwa pegawai tersebut mendapat honor di atas 1.500.000 maka rumus DCOUNTA yang sanggup dipakai yaitu selaku berikut:

=DCOUNTA(B2:G10;"KELAMIN";I2:I3)

Contoh Fungsi DCOUNTA Excel

Untuk lebih mudah dalam penulisan rumus range database maupun range standar di atas sanggup juga anda beri nama. Panduannya sanggup anda baca pada halaman berikut: Cara Menggunakan Named Range Excel.

Contoh-contoh pada pembahasan fungsi database di atas masih menggunakan 1 standar , barangkali anda lalu akan mengajukan pertanyaan bagaimana kalau standar yang ingin kita menetapkan lebih dari satu? Untuk pembahasan pneggunaan fungsi Database dengan banyak standar akan kita pelajari pada pembahasan berikutnya: .

Soo tetap dukung "Kelas Excel" dengan share artikel-artikel bimbingan pada Blog ini sehingga akan lebih banyak kawan-kawan lain yang ikut mendapat manfaatnya. Juga dengan cara ketik "KA E EL A ES E Ex CE E El" dan kirim ke 95151 ehhh... :)

Tidak ada komentar untuk "Fungsi Database (Dsum| Daverage| Dmax| Dmin| Dcount| Dan Dcounta) Pada Excel"