Rumus Exact Excel : Cara Menggunakan Fungsi Exact Pada Microsoft Excel

Rumus Exact Excel : Cara menggunakan fungsi exact untuk membandingkan atau mencocokkan data di excel.
Fungsi Rumus Exact Excel Untuk Membandingkan Dua Buah Teks

Fungsi EXACT Excel


Pernahkah anda bermaksud mencocokan data di excel? kemudian anda ingin dua buah teks yang anda bandingkan peka kepada perbedaan karakter abjad besar dan kecil.

Jika iya , maka cobalah menggunakan fungsi EXACT pada rumus excel yang anda gunakan.

Pada microsoft excel fungsi atau rumus exact mencakup dalam klasifikasi Fungsi Teks. Dalam suatu rumus excel , fungsi Exact dipakai untuk mencocokkan dua buah teks secara case sensitive. Artinya fungsi ini peka kepada perbedaan abjad besar dan kecil.

Fungsi Exact akan menghasilkan nilai kebijaksanaan TRUE bila nilai teks yang dibandingkan identik atau sama persis dan sebaliknya akan menghasilkan nilai kebijaksanaan FALSE bila teks yang dibandingkan tidak sama.

Sekarang bagaimana cara menggunakan fungsi Exact excel ini pada suatu rumus excel?

Cara Menggunakan Fungsi EXACT Excel


Cara menggunakan fungsi Exact pada rumus excel mengikuti sintaksis penulisan berikut:

EXACT(Teks1; Teks2)

Argumen Teks1 pada fungsi Exact merupakan string teks pertama yang mau dibandingkan , sedangkan Teks2 merupakan string teks selaku pembanding untuk Teks1.

Fungsi Exact cocok dipakai bila anda bermaksud membandingkan setiap baris data pada 2 kolom yang berlainan di excel dengan memikirkan perbedaan besar kecil abjad yang digunakan.

Fungsi Exact peka abjad besar kecil , tetapi mengabaikan perbedaan pemformatan sel.

Jika anda bermaksud membandingkan 2 kolom data kemudian ingin mengenali teks yang unik dan teks yang memiliki duplikat pada kolom yang lain silahkan baca pada halaman berikut: Rumus mencari data yang serupa dari dua kolom berbeda

Contoh Rumus EXACT Excel


Perhatikan beberapa pola penggunaan rumus excel EXACT pada gambar berikut:

Contoh Fungsi Rumus Exact Excel

=EXACT(B2;C2)

Pada pola pertama fungsi Exact dipakai untuk membandingkan nilai dari sel B2 dan C2. Kedua teks pada sel-sel yang dibandingkan cocok dan sama persis baik karakter teksnya maupun besar kecilnya abjad sehingga Rumus Exact menciptakan nilai TRUE.

Pada pola kedua rumus exact yang dipakai adalah:

=EXACT(B3;C3)

Nilai teks pada sel B3 merupakan "Kelas" , sedangkan pada sel C3 merupakan "Excel". Kedua teks ini terang berlainan sehingga fungsi Exact menciptakan nilai FALSE yang artinya kedua teks yang dibandingkan tidak sama.

Pada pola ke-3 rumus excel pada sel D4 adalah:

=EXACT(B4;C4)

Kedua nilai teks yang dibandingkan merupakan "Buku" dan "buku". Meskipun sama-sama disusun oleh huruf B-U-K-U kedua teks ini dianggap berlainan atau tidak identik sama alasannya merupakan pada abjad pertama pada teks pertama menggunakan abjad besar sedangkan pada teks kedua menggunakan abjad kecil. Oleh fungsi Exact kedua teks ini dianggap berlainan dan hasil rumusnya merupakan FALSE.

Hal yang serupa juga terjadi pada pola nomor 4 , dimana ada perbedaan penggunaan abjad besar dan kecil.

Sekarang amati pola nomor 5 dan 6 pada gambar di atas.

Jika diamati masing-masing teks pada sel-sel yang dibandingkan terlihat sama. tetapi kenapa pada pola nomor 6 menciptakan nilai FALSE yang artinya bahwa fungsi Exact menilai bahwa teks yang dibandingkan atau dicocokkan pada pola nomor 6 dianggap berlainan atau tidak sama?

Jika lebih cermat lagi pada pola nomor 6 , teks kedua bergotong-royong mengandung spasi di permulaan teks , itulah yang membuat teks yang dibandingkan pada pola nomor 6 dianggap berbeda.

Khusus untuk kasus nomor 6 , bila anda menginginkan meniadakan spasi berlebih pada suatu teks dengan microsoft excel anda dapat menggunakan fungsi TRIM Excel.

Demikian cara menggunakan fungsi exact pada microsoft excel , lain waktu akan kita sambung dengan pemanfaatan rumus exact dalam menjalankan Lookup data yang case sensitive atau pekas abjad besar dn kecil.

Tidak ada komentar untuk "Rumus Exact Excel : Cara Menggunakan Fungsi Exact Pada Microsoft Excel"