4 Cara Mudah Menghasilkan Nomor Urut "Otomatis" Dengan Microsoft Excel

Beberapa cara gampang dan efektif menghasilkan penomoran otomatis (auto numbering) atau nomor urut otomatis pada microsoft Excel
Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Microsoft Excel

Cara menghasilkan nomor urut di Excel - Ketika kita menghasilkan suatu tabel data , menghasilkan nomor urut yaitu sesuatu yang umum kita lakukan. Untuk menghasilkan nomor urut bisa kita laksanakan dengan mengetikkan angka satu persatu pada sel tertentu yang kita kehendaki.

Cara menghasilkan nomor urut seumpama ini pasti sungguh gampang , tetapi bagaimana kalau tabel data yang kita buat memiliki ribuan baris atau record?

Ada banyak cara lain selain mengetikkan angka satu persatu secara manual seumpama pemberitahuan diatas. Pada postingan bimbingan excel kali ini saya akan membahas beberapa cara lain yang dapat kita laksanakan untuk menghasilkan penomoran otomatis pada microsoft excel.

Setidaknya ada 4 Cara yang dapat kita laksanakan untuk menghasilkan penomoran pada microsoft Excel. Berikut beberapa cara yang dapat kita laksanakan untuk menghasilkan penomoran otomatis.


1. Membuat Nomor Urut Manual


Membuat Nomor Urut Excel Secara Manual

Cara menghasilkan penomoran yang pertama yaitu dengan cara menuliskan urutan angka satu persatu secara manual. Mengetikkan angka secara manual seumpama ini bisa dikatakan cara yang paling dasar dan mudah. Namun demikian cara ini tergolong cara yang sering saya hindari. kenapa? coba bayangkan saja kalau nomor urut data yang kita buat berjumlah ribuan.

Cara menghasilkan nomor urut secara manual seperti ini seharusnya anda tinggalkan. Alternatifnya yaitu cara kedua dibawah ini.

2. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Autofill Excel


Membuat Nomor Urut Otomatis Excel Dengan AutoFill

Cara kedua yaitu dengan memakai fitur autofill pada microsoft excel. Membuat nomor urut otomatis dengan mempergunakan fitur autofill excel ini cukup mudah. Kita cukup menghasilkan satu dua nomor selaku awalan lalu kita cukup dragging ke bawah atau ke arah yang kita kehendaki.

Cara seumpama ini ialah cara yang sering digunakan oleh pengguna excel dalam menghasilkan penomoran otomatis pada microsoft excel. Untuk tindakan detailnya telah saya diskusikan pada postingan bimbingan excel terdahulu dengan judul "Belajar Menggunakan Auto Fill Data pada Microsoft Excel".

Menggunakan autofill excel sungguh efektif kalau nomor urut yang kita buat cuma berkisar puluhan atau ratusan. Jika jumlah data yang mau kita beri nomor urut ribuan , menurut saya cara ini kurang efektif.

Masih adakah cara lainnya? ya , kalau anda berencana menghasilkan nomor urut berjumlah ribuan gunakan cara nomor tiga.


Jika record atau baris tabel data yang mau kita buat berjumlah ribuan saya sarankan memakai cara ini untuk menghasilkan penomoran otomatis.

Lalu bagaimana tindakan membuat penomoran otomatis dengan suguhan fill excel ini? ikuti cara menghasilkan penomoran otomatis dengan suguhan fill berikut:
  1. Tuliskan secara manual nomor permulaan (pertama) penomoran yang mau kita buat. Dalam referensi ini saya menuliskan angka 1 (satu) pada cell A2. Kemudian Pilih/ Select cell A2 tersbut.

    Membuat nomor urut otomatis dengan suguhan FILL
  2. Pilih Tab Home--Group Editing--Fill--Series... seumpama gambar berikut

    Membuat nomor urut otomatis dengan suguhan FILL
  3. Muncul Option Box Series
  4. Jika penomoran otomatis yang mau kita buat ke arah bawah atau dalam satu kolom maka seleksilah Columns. Sebalikanya seleksilah Rows kalau penomoran yang mau kita buat ke arah kanan. Pada referensi ini saya pilih Columns.
  5. Pada bab type seleksilah Linear
  6. Pada bab Step Value isilah penambahan pada setiap urutan penomoran. Defaultnya yaitu 1.
  7. Pada bab Stop Value isilah nomor terakhir yang kita harapkan misalnya 1000.
  8. Klik OK dan lihat hasilnya.

    Membuat nomor urut otomatis dengan suguhan FILL

Dengan cara ini menghasilkan penomoran sammpai ribuan atau jutaan pasti sangatlah mudah. Tentunya lebih efektif ketimbang memakai autofill seumpama cara kedua.

Ehh telah tahu berapa jumlah kolom dan baris optimal Microsoft Office? Jangan hingga salah mengisi Stop value melampaui batas-batas kesanggupan Excel. Baca Artikel "Spesifikasi dan Batasan Microsoft Excel" untuk mengetahuinya.

Jika nomor urut yang kita harapkan menurut syarat atau persyaratan tertentu bagaimana cara membuatnya? Ikuti cara selanjutnya.

4. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Rumus Excel


Selain dengan ketiga cara diatas masih ada cara lain untuk menghasilkan penomoran otomatis pada microsft excel. Cara keempat ini yaitu dengan memakai rumus-rumus excel.

Rumus excel yang sering digunakan untuk penomoran otomatis antara lain fungsi IF , COUNT , COUNTA , ROW dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Fungsi-fungsi Excel ini bisa digunakan untuk menghasilkan suatu rumus excel untuk menghasilkan penomoran otomatis menurut persyaratan tertentu. Misalnya nomor pada kolom A akan timbul kalau kolom B ada isinya.

Nomor urut otomatis dengan rumus excel

Sebagai referensi masukkan rumus excel berikut pada cell A2:

=IF(B2="";"";ROW()-1)

Kemudian copy-paste rumus tersebut ke sel-sel lain dibawahnya.

Dengan rumus diatas maka kolom A akan otomatis terisi nomor urut kalau pada kolom B ada isi atau kita tuliskan data tertentu , misal nama seseorang pada referensi diatas.

Khusus untuk penomoran dengan rumus excel ini , mengingat beragamnya keperluan saya diskusikan tersendiri pada postingan berikut: Rumus Membuat Nomor Urut Otomatis di excel

Barangkali anda punya perkara dengan penomoran otomatis excel ini. Sampaikan dikolom komentar pada bab bawah postingan ini. Lain waktu akan saya buatkan tutorialnya.

Akhirnya cara menghasilkan nomor otomatis yang mana yang anda pilih? Atau teman dekat punya alternatif lain? Beritahu saya kalau ada. Saya juga masih belajar sob ...


Jangan lupa simpan atau bagikan halaman ini. Kaprikornus sewaktu-waktu anda lupa bisa secepatnya membuka kembali bimbingan excel ini.

Tidak ada komentar untuk "4 Cara Mudah Menghasilkan Nomor Urut "Otomatis" Dengan Microsoft Excel"