Cara Lookup Banyak Persyaratan Menggunakan Rumus Index Dan Match Excel

Rumus excel untuk Pencarian /Lookup banyak persyaratan pada microsft excel memakai fungsi INDEX-MATCH alternatif Fungsi Vlookup , Hlookup dan Lookup
Lookup Banyak Kriteria Dengan Rumus Index-Match Excel

Mencari data dengan satu persyaratan telah biasa. hal tersebut sanggup kita atasi dengan memakai fungsi Lookup , HLookup maupun VLookup.

Lalu bagaimana kalau kita perlu melakukan penelusuran data dengan dua atau lebih kriteria? Adakah rumus excel yang sanggup melakukan hal tersebut?

Mencari Data Dengan Banyak Kriteria Pada Excel


Melakukan Lookup Banyak kriteria bukanlah hal mustahil. Ada banyak cara sanggup kita laksanakan dengan excel untuk mengtasi permasalahan penelusuran data dengan banyak persyaratan tersebut. Salah satunya yakni dengan memakai rumus excel adonan antara fungsi INDEX dan MATCH.

Seperti yang telah saya tulis sebelumnya bahwa fungsi INDEX berfungsi untuk menampilkan nilai pada baris yang ditunjuk. sedangkan fungsi MATCH berfungsi untuk mencari pada baris berapa data yang sesuai. Jika masih belum faham silahkan baca postingan tentang fungsi Excel tersebut sebelumnya.

Sebagai pola kali ini kita akan menghasilkan suatu Tabel data penghuni gedung pada microsoft excel yang berisi dengan empat (4) kolom. Yakni kolom gedung , lantai , nomor kamar dan nama penghuni. lalu lengkapi tabel tersebut menyerupai gambar berikut:

Rumus Index Match 2 Kriteria

Sebelum membaca panduan excel ini lebih jauh , kami sarankan anda membaca panduan Cara Menggunakan rumus Index-Match apalagi dahulu.

Lookup Banyak Kriteria Dengan Rumus INDEX dan MATCH


Dalam permasalahan Lookup banyak kriteria ini kita ingin mencari tahu semua orang penghuni kamar dengan persyaratan gedung , lantai dan nomor kamarnya.

Rumus Index Match Banyak Kriteria

Pada tabel tersebut hasil lookup kita letakkan pada sel D12 yang berwarna hijau , sedangkan persyaratan atau syarat pencariannnya kita letakkan masing-masing pada sel A12 , B12 dan C12 yang berwarna merah.

Pada pola tersebut Nilai yang hendak kita cari yakni penghuni gedung B pada lantai 2 dan nomor kamar 1.

Tuliskan rumus berikut pada sel D12:

=INDEX(D2:D9;MATCH(A12&B12&C12;A2:A9&B2:B9&C2:C9;0))

Kemudian akhiri dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter
secara berbarengan sehabis menuliskan rumus diatas. Sehingga rumus akan nampak diapit {...}

{=INDEX(D2:D9;MATCH(A12&B12&C12;A2:A9&B2:B9&C2:C9;0))}

Tanda {...} tidak ditulis secara manual. Tanda {} tersebut menampilkan bahwa rumus excel tersebut ialah rumus array atau sering juga disebut rumus CSE sehingga cara eksekusinya yakni dengan menuliskan rumus pada cell , misal:
=INDEX(D2:D9;MATCH(A12&B12&C12;A2:A9&B2:B9&C2:C9;0))

kemudian akhiri dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter untuk menimbulkan tanda {..}.

Penjelasan Rumus Lookup banyak Kriteria


Pada rumus excel diatas kita memakai dua fungsi yakni fungsi INDEX dan Fungsi MATCH.

Sintaks fungsi INDEX adalah:

INDEX(array; row_num; [column_num])

Dalam rumus tersebut array dari fungsi INDEKS yakni D2:D9 dimana pada kolom ini nilai yang kita cari berada. Sedangkan row_number atau nomor barisnya yakni hasil dari fungsi MATCH. dan [column_num] nya kita abaikan alasannya yakni argument ini bersifat opsional dan pada permasalahan ini tidak perlu kita tuliskan.

Sedangkan sintaks fungsi MATCH adalah:

MATCH(lookup_value; lookup_array; [match_type])

Dalam rumus LookUp banyak persyaratan diatas nilai yang kita cari dari fungsi MACTH atau lookup_value nya yakni adonan dari persyaratan penelusuran yakni: A12&B12&C12. Jika anda masih mengajukan pertanyaan tentang apa maksud dari tanda & pada rumus tersebut silahkan pelajari tentang Operator Teks Excel.

Argument lookup_array nya yakni A2:A9&B2:B9&C2:C9. Array inilah yang hendak digunakan fungsi MATCH untuk memperoleh nomor baris atau row yang sesuai. Sedangkan argument [match_type]bernilai 0 (nol) dengan maksud bahwa penelusuran bersifat exact atau sama persis.

Menggunakan Rumus Excel Array menyerupai ini bersama-sama kurang manis apabila data yang kita olah cukup besar. Sebab rumus array umumnya memberatkan kinerja komputer kita. Makara kalau data yang kita olah ribuan misalnya. sedikit bersabarlah. ehehehehehee.... atau silahkan main-main dengan lookup banyak persyaratan memakai macro. InsyaAllah akan saya tulis lain waktu kalau pembahasan telah hingga tentang VBA. Untuk sementara silahkan googling dahulu kalau memang memebutuhkan.

File pola postingan ini sanggup didownload pada tombol dibawah ini:

Dropbox
GDrive

*Jika link mati / tidak sanggup diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia

LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!



Masih ada pertanyaan? silahkan sampaikan di kolom komentar.

Tidak ada komentar untuk "Cara Lookup Banyak Persyaratan Menggunakan Rumus Index Dan Match Excel"