Rumus Choose| Teladan Dan Cara Menggunakan Fungsi Choose Pada Rumus Excel
Fungsi/rumus choose excel , Contoh dan cara menggunakan fungsi choose pada excel.

Fungsi CHOOSE Excel
Pada seri panduan Ms. Excel kali ini akan dibahas ihwal cara menggunakan Fungsi CHOOSE pada excel , serta pola penggunaan Rumus CHOOSE pada excel.
Pada microsoft excel , fungsi CHOOSE tergolong dalam klasifikasi lookup & Refference. Fungsi choose digunakan untuk menegaskan salah satu nilai dari sekumpulan argument nilai yang diberikan menurut nomor indeks atau urutan tertentu.
Sekilas fungsi ini memang seolah-olah dengan fungsi INDEX pada excel , yaitu sama-sama menciptakan nilai menurut isu index number tertentu. Hanya saja , index number pada fungsi index ialah isu nomor kolom dan atau baris , sedangkan pada fungsi choose index number ialah nomor urut dari list argument nilai atau range yang diberikan.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut ke cara penulisan fungsi choose serta pola penggunaan fungsi choose pada microsoft excel.
Cara Menggunakan Fungsi CHOOSE Excel
Cara penulisan fungsi choose pada excel yaitu selaku berikut:
CHOOSE(IndexNumber; Nilai1; [Nilai2]; ...)
Keterangan:
- IndexNumber: Argument IndexNumber ini wajib diisi , yaitu berupa angka , rumus , atau rujukan sel yang berinilai angka antara 1-154
- Nilai1; [Nilai2]; ...: Argument ini sanggup berupa angka , referensi sel , nama terdefinisi , rumus excel , fungsi , atau teks.
Setidaknya mesti ada 1 nilai pada argument ini. Argument-argument inilah yang nantinya akan diseleksi dan dihukum menurut isu IndexNumber.
Contoh Rumus CHOOSE Excel
Untuk lebih mengerti bagaimana cara menggunakan fungsi Choose Excel , silahkan pelajari beberapa pola soal fungsi choose excel berikut.
Contoh Rumus Choose 1
=CHOOSE(3;"Nilai 1";"Nilai 2";"Nilai 3";"Nilai 4")
Rumus diatas menciptakan nomor index 3 dari urutan argument nilai: "Nilai 1";"Nilai 2";"Nilai 3";"Nilai 4". Hasilnya yaitu : Nilai 3. Teks "Nilai 3" berada pada posisi nomor urut 3 dari nilai-nilai argument yang diberikan.
Contoh Rumus Choose 2

=SUM(CHOOSE(2;A2:A6;B2:B6;C2:C6))
Rumus diatas akan menjumlahkan range B2:B6. Hasilnya yaitu : 90
Contoh Rumus Choose 3

=SUM(A1:CHOOSE(3;A6;B6;C6))
Rumus diatas akan melakukan fungsi SUM atau penjumlahan untuk range A1:C6. Hasilnya adalah: 260.
Catatan Dalam Menggunakan Fungsi CHOOSE Pada Excel
Dalam menggunakan fungsi atau rumus Choose excel , beberapa hal berikut mesti anda perhatikan:
- Jika IndexNumber bernilai nol(0) , negatif atau lebih besar dari jumlah Index nilai maka akan menciptakan pesan Error atau kesalahan #VALUE!
Pada pola rumus choose diatas angka index optimal yang sebaiknya yaitu 2 , lantaran cuma di nilai argument yang diberikan. Ketika argument index number bernilai 3 maka akan menciptakan pesan kesalahan #VALUE!.
Penjelasan lebih lanjut ihwal pesan kesalahan/error pada excel sanggup anda baca pada artikel: Mengenal 7 Jenis / Tipe Pesan Error pada Rumus Excel - Jika IndexNumber bernilai belahan maka akan dibulatkan ke bawah mendekati nilai lingkaran terdekat.
Nilai pecahan 2 ,6 pada rumus choose diatas dianggap menjadi bilangan lingkaran 2. sehingga fungsi SUM cuma mengecek range B2:B6 yang karenanya yaitu 90. - Jika IndexNumber berupa Array , maka setiap nilai pada array tersebut akan dievaluasi dengan fungsi CHOOSE.
Pada Kasus pola fungsi CHOOSE diatas index number berupa array: {2\3}. dalam masalah diatas setiap index number akan dievaluasi sehingga fungsi SUM akan menjumlahkan range B2:B6 dan C2:C6 , karenanya 190.
Demikian sedikit yang sanggup aku bagikan ihwal cara menggunakan fungsi CHOOSE Excel ini. supaya bermanfaat.
Tidak ada komentar untuk "Rumus Choose| Teladan Dan Cara Menggunakan Fungsi Choose Pada Rumus Excel"
Posting Komentar