Rumus Excel Sum| Pola Dan Cara Menjumlahkan Di Excel Menggunakan Fungsi Sum

Rumus Excel SUM , pola dan cara menjumlah data atau menjumlahkan angka di excel menggunakan fungsi SUM pada microsoft excel.
Menjumlah Data Dengan Rumus Excel SUM

Rumus Excel SUM - Bagaimana cara menjumlahkan di excel? Cara menjumlah di excel yang biasa digunakan yakni dengan menggunakan Fungsi SUM.

Apa itu SUM dalam Excel?

Pada bimbingan ini , Anda akan mempelajari mengenai pemahaman SUM , cara menggunakan fungsi SUM , Beberapa pola penggunaan rumus SUM , serta hal-hal yang perlu Anda amati di saat menggunakan rumus SUM pada office Excel.


Pengertian Fungsi SUM Excel


Sebelum terlalu jauh mari kita pelajari pemahaman fungsi Excel SUM apalagi dahulu.

Fungsi SUM yakni fungsi excel yang digunakan untuk menjalankan penjumlahan data atau menyertakan semua angka yang kita pastikan selaku argumen.

Dengan kata lain kegunaan SUM pada excel yakni untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan.

Cara menjumlah jumlah di excel dengan rumus SUM sanggup berupa range , referensi sel , array , konstanta , rumus , atau hasil dari fungsi lain.

Fungsi ini ialah salah satu fungsi excel yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh setiap pengguna microsoft Excel.

Pada Microsoft Excel , cara untuk menjumlahkan data yang Anda miliki tidak cuma sanggup dijalankan dengan Fungsi atau Rumus SUM saja. Beberapa alternatif lain cara penjumlahan di excel sanggup Anda pelajari pada halaman berikut: Cara Menjumlahkan Data Di Excel.

Sedangkan untuk perkiraan aritmatika dasar yang lain (penjumlahan , penghematan , pembagian dan perkalian) , silahkan menuju ke halaman berikut: Rumus Excel Penjumlahan , Pengurangan , Perkalian dan Pembagian

Lalu bagaimana cara menggunakan fungsi/rumus SUM excel untuk menjumlahkan angka yang kita tentukan?

Cara Menggunakan Fungsi


Bagaimana langkah langkah untuk menjumlah jumlah data dengan fungsi sum pada microsoft excel?

Fungsi sum pada microsoft excel digunakan untuk menjumlahkan angka. Cara menggunakan fungsi sum untuk menjalankan penjumlahan di excel yakni selaku berikut:

SUM(angka1;[angka2];...)

Keterangan Sintaksis fungsi SUM Excel
SUM
Nama fungsi excel untuk menjumlahkan di excel
angka1
Argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan.
angka2
(Opsional) Argumen angka lain yang ingin kita tambahkan. Maksimal hingga 255 Argument

Contoh Rumus SUM Excel


Silahkan amati beberapa contoh fungsi SUM di excel berikut ini :

Contoh Rumus SUM Excel 1


Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 1

Pada pola pertama diatas rumus sum yang digunakan pada cell C3 adalah:

=SUM(A2;A3;A4;A5;A6)

Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai pada sel A2 , A3 , A4 , A5 dan A6. Hasilnya yakni 360.

Selain menggunakan rumus diatas , Anda juga sanggup menjumlahkan range A2:A6 menyerupai diatas dengan rumus SUM menyerupai ini:

=SUM(A2:A6)

Rumus excel diatas menjumlahkan setiap nilai sel pada range A2:A6. Hasilnya yakni 360.

Pada rumus sum pertama kita menggunakan setiap referensi cell selaku argumen fungsi SUM. Sedangkan pada rumus kedua kita menggunakan argument berupa referensi Range.

Contoh Rumus SUM Excel 2


Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 2

Pada pola ke-2 ini rumus sum digunakan untuk menjalankan penjumlahan range yang berlainan kolom.

=SUM(A2:A6;B2:B6)

Rumus diatas menjumlahkan setiap nilai sel yang ada di dua range berlainan yakni A2:A6 dan B2:B6. Hasilnya yakni 710.

Jika range-range yang berlainan ini tidak terpisah oleh kolom lain anda juga sanggup menjalankan penjumlahan dengan rumus menyerupai ini:

=SUM(A2:B6)

Rumus diatas menjalankan penjumlahan setiap nilai sel yang ada range A2:B6. Hasilnya dalah 710.

Contoh Rumus SUM Excel 3


Selain menjalankan penjumlahan nilai angka pada suatu sel atau range data. Fungsi SUM juga sanggup digunakan untuk menjumlahkan nilai dari hasil fungsi atau rumus excel yang lain.

Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 3

Pada Cell D3 di atas , rumus excel yang digunakan adalah:

=SUM(MAX(A2:A6);MAX(B2:B6))

Pada rumus excel diatas Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai optimal (Tertinggi) pada range A2:A6 dengan nilai optimal (Tertinggi) pada range B2:B6. jadinya yakni 200+100 = 300

Pada rumus kedua pada cell D4 , rumusnya:

=SUM(MIN(A2:A6);MIN(B2:B6))

Pada rumus diatas Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai paling rendah dari suatu sekumpulan nilai. Fungsi SUM menjumlahkan nilai minimal(terendah) pada range A2:A6 dengan minimal(terendah) pada range B2:B6. jadinya yakni 25:50 = 75

Catatan Dalam Menggunakan Fungsi SUM


Saat menggunakan fungsi SUM pada suatu rumus excel , ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Jika argumen pada fungsi SUM yakni array atau acuan sel/range , cuma nilai angka di dalam array atau acuan itu yang dihitung. Sel kosong , nilai budi , atau teks dalam array atau acuan diabaikan.

Perhatikan pola rumus fungsi SUM berikut:

Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 4

Jika argumen yakni nilai kesalahan , atau suatu teks yang tidak sanggup diterjemahkan menjadi angka , Microsoft Excel akan menampilkan pesan error.

Contoh Fungsi Rumus SUM Excel 5

Bagaimana apabila mengharapkan menjumlahkan data dengan standar atau syarat tertentu?

Untuk menjalankan penjumlahan atau menyertakan nilai angka dengan syarat atau standar tertentu maka gunakanlah fungsi atau .

Demikian pembahasan cara menggunakan fungsi SUM Excel kali ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Rumus Excel Sum| Pola Dan Cara Menjumlahkan Di Excel Menggunakan Fungsi Sum"