Rumus Or Excel| Tumpuan Dan Cara Menggunakan Fungsi Or Pada Microsoft Excel

Rumus OR Excel : Contoh dan cara menggunakan fungsi OR pada microsoft excel untuk menjalankan uji logika untuk menciptakan nilai logika True atau False.
Cara Menggunakan Fungsi/Rumus Logika OR Excel

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?

Pada microsoft excel , Fungsi OR juga tergolong kedalam klasifikasi fungsi logika seumpama . Kegunaan fungsi excel OR dan AND sama-sama membandingkan dua atau lebih keadaan sehingga menciptakan nilai True atau False.

Apa dan bagaimana faedah atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bersama.


Pengertian Fungsi OR Excel


Fungsi OR merupakan Fungsi excel yang dipakai untuk menciptakan nilai TRUE jikalau salah satu argumennya bernilai TRUE dan menciptakan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Makara dalam hal menciptakan nilai logika True atau False , Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND.

Saat menggunakan rumus OR , nilai logika TRUE akan dihasilkan jikalau salah satu atau semua keadaan terpenuhi. Sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan jikalau semua keadaan tidak terpenuhi.

UJI LOGIKAHASIL RUMUS OR
Semua keadaan bernilai TRUETRUE
Semua keadaan bernilai FALSEFALSE
Salah satu/lebih keadaan bernilai TRUETRUE

Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR merupakan syarat atau keadaan nilai untuk menciptakan nilai boolean TRUE dan FALSE-nya.

Perhatikan tabel fungsi logika OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya wacana nilai logika TRUE atau FALSE yang hendak dihasilkan oleh fungsi OR Excel di saat membandingkan argumen-argumennya:

Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kondisi Evaluasi


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 keadaan evaluasi.

Fungsi OR 2 Kondisi

Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kondisi Evaluasi


Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 keadaan evaluasi.

Fungsi OR 3 Kondisi

Fungsi AND cuma akan menciptakan nilai logika TRUE jikalau semua keadaan TRUE , sedangkan pada fungsi OR cuma akan menciptakan nilai logika FALSE jikalau semua keadaan FALSE.

Pembahasan lebih rincian tantang perbedaan fungsi atau rumus AND dan OR ini dapat anda baca pada halaman berikut:

Cara Menggunakan Rumus OR Excel


Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel merupakan selaku berikut:

OR(Logika1; [Logika2]; ...)

Argumen Fungsi OR:
Logika1
Kondisi pertama yang ingin kita uji yang hendak dievalusi ke TRUE atau FALSE.
Logika2; ...
(Opsional) Kondisi pemanis yang ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.

Setiap argumen pada fungsi OR mesti mengecek kepada nilai logika(TRUE/FALSE) , atau berupa array serta tumpuan sel yang berisi nilai logika (TRUE/FALSE).

Contoh Rumus OR Excel


Berikut beberapa teladan dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.

Contoh Rumus OR Excel 1


perhatikan teladan sederehana rumus OR Excel berikut:

Contoh Rumus OR Excel

Pada teladan nomor 6 (cell C7) , rumus excel OR yang digunakan:

=OR(10>5;10>15;10>20)

Evaluasi rumus diatas adalah:

=OR(TRUE;FALSE;FALSE)

Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 dan 20 rumus excel ini akan menciptakan nilai logika TRUE , alasannya fungsi OR cuma akan meghasilkan nilai logika False jikalau hasil uji logika semua argument mengecek ke False.

Contoh Rumus OR Excel 2


Selanjutnya amati juga teladan rumus OR pada excel berikut:

Contoh Rumus Excel OR

Pada teladan diatas rumus excel pada sel D2 adalah:

=OR(A2>70;B2>70)

Jika diterjemahkan ke dalam kalimat kira-kira akan seumpama ini:

Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?

Evalusi rumus diatas adalah:

=OR(TRUE;FALSE)

Dan jadinya merupakan TRUE , alasannya salah satu argumentnya bernilai TRUE.

Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF


Pada teladan berikut , fungsi OR dipakai selaku salah satu argument pada fungsi IF Excel.

Contoh Rumus IF-OR

=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")

Pada teladan diatas , Fungsi OR dipakai untuk menyeleksi nilai simpulan dari fungsi IF.

Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF Gabungan.

Cara seperti ini pastinya lebih efisien jikalau ketimbang menggunakan rumus iF bertingkat untuk menciptakan nilai yang serupa untuk beberapa kondisi.

Pada rumus pertama jikalau diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan seumpama ini:

Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? Jika YA maka tulis Lulus , Jika TIDAK maka tulis Tidak lulus.

Pada teladan ini jikalau salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menciptakan teks "Lulus".

Seperti yang sudah anda pelajari dari teladan rumus OR di atas kadang kala anda akan memerlukan operator perbandingan excel dalam menggunakan fungsi OR excel ini.

Pada prakteknya anda mesti sungguh-sungguh jeli untuk menegaskan kapan mesti menggunakan fungsi AND dan kapan mesti menggunakan fungsi atau rumus OR excel ini.

Penjelasan lebih lengkap wacana fungsi IF adonan dengan fungsi AND atau OR (IF-OR , IF-AND , IF-OR-AND atau IF-AND-OR) dapat anda pelajari pada halaman berikut: Rumus Excel Gabungan Fungsi IF dengan fungsi OR dan AND

Tidak ada komentar untuk "Rumus Or Excel| Tumpuan Dan Cara Menggunakan Fungsi Or Pada Microsoft Excel"