Rumus Or Excel| Tumpuan Dan Cara Menggunakan Fungsi Or Pada Microsoft Excel
Rumus OR Excel : Contoh dan cara menggunakan fungsi OR pada microsoft excel untuk menjalankan uji logika untuk menciptakan nilai logika True atau False.

Apa sih maksud Fungsi OR pada Rumus Excel?
Pada microsoft excel , Fungsi OR juga tergolong kedalam klasifikasi fungsi logika seumpama Fungsi AND. Kegunaan fungsi excel OR dan AND sama-sama membandingkan dua atau lebih keadaan sehingga menciptakan nilai True atau False.
Apa dan bagaimana faedah atau kegunaan fungsi OR pada Excel? mari kita pelajari bersama.
Pengertian Fungsi OR Excel
Fungsi OR merupakan Fungsi excel yang dipakai untuk menciptakan nilai TRUE jikalau salah satu argumennya bernilai TRUE dan menciptakan nilai FALSE jika semua argumen FALSE. Makara dalam hal menciptakan nilai logika True atau False , Fungsi OR merupakan kebalikan dari fungsi AND.
Saat menggunakan rumus OR , nilai logika TRUE akan dihasilkan jikalau salah satu atau semua keadaan terpenuhi. Sedangkan nilai logika FALSE akan dihasilkan jikalau semua keadaan tidak terpenuhi.
UJI LOGIKA | HASIL RUMUS OR |
---|---|
Semua keadaan bernilai TRUE | TRUE |
Semua keadaan bernilai FALSE | FALSE |
Salah satu/lebih keadaan bernilai TRUE | TRUE |
Perbedaan Fungsi AND dengan Fungsi OR merupakan syarat atau keadaan nilai untuk menciptakan nilai boolean TRUE dan FALSE-nya.
Perhatikan tabel fungsi logika OR excel dibawah ini untuk lebih jelasnya wacana nilai logika TRUE atau FALSE yang hendak dihasilkan oleh fungsi OR Excel di saat membandingkan argumen-argumennya:
Tabel Fungsi OR Dengan 2 Kondisi Evaluasi
Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 2 keadaan evaluasi.

Tabel Fungsi OR Dengan 3 Kondisi Evaluasi
Berikut tabel perbandingan penggunaan fungsi OR dengan 3 keadaan evaluasi.

Fungsi AND cuma akan menciptakan nilai logika TRUE jikalau semua keadaan TRUE , sedangkan pada fungsi OR cuma akan menciptakan nilai logika FALSE jikalau semua keadaan FALSE.
Cara Menggunakan Rumus OR Excel
Cara penulisan fungsi OR pada rumus excel merupakan selaku berikut:
OR(Logika1; [Logika2]; ...)
Argumen Fungsi OR:
- Logika1
- Kondisi pertama yang ingin kita uji yang hendak dievalusi ke TRUE atau FALSE.
- Logika2; ...
- (Opsional) Kondisi pemanis yang ingin kita uji. Maksimal 255 kondisi.
Contoh Rumus OR Excel
Berikut beberapa teladan dasar penggunaan fungsi atau Rumus OR excel.
Contoh Rumus OR Excel 1
perhatikan teladan sederehana rumus OR Excel berikut:

Pada teladan nomor 6 (cell C7) , rumus excel OR yang digunakan:
=OR(10>5;10>15;10>20)
Evaluasi rumus diatas adalah:
=OR(TRUE;FALSE;FALSE)
Meskipun nilai 10 tidak lebih dari 15 dan 20 rumus excel ini akan menciptakan nilai logika TRUE , alasannya fungsi OR cuma akan meghasilkan nilai logika False jikalau hasil uji logika semua argument mengecek ke False.
Contoh Rumus OR Excel 2
Selanjutnya amati juga teladan rumus OR pada excel berikut:

Pada teladan diatas rumus excel pada sel D2 adalah:
=OR(A2>70;B2>70)
Jika diterjemahkan ke dalam kalimat kira-kira akan seumpama ini:
Apakah A2 lebih dari 70 ATAU B2 Lebih dari 70?
Evalusi rumus diatas adalah:
=OR(TRUE;FALSE)
Dan jadinya merupakan TRUE , alasannya salah satu argumentnya bernilai TRUE.
Contoh Rumus OR Pada Fungsi IF
Pada teladan berikut , fungsi OR dipakai selaku salah satu argument pada fungsi IF Excel.

=IF(OR(A2>70;B2>70);"Lulus";"Tidak Lulus")
Pada teladan diatas , Fungsi OR dipakai untuk menyeleksi nilai simpulan dari fungsi IF.
Fungsi OR pada rumus excel tersebut akan menetukan nilai TRUE atau FALSE pada Rumus IF Gabungan.
Cara seperti ini pastinya lebih efisien jikalau ketimbang menggunakan rumus iF bertingkat untuk menciptakan nilai yang serupa untuk beberapa kondisi.
Pada rumus pertama jikalau diterjemahkan menjadi kalimat kira-kira akan seumpama ini:
Apakah Nilai A2 lebih dari 70 ATAU Nilai B2 lebih dari 70? Jika YA maka tulis Lulus , Jika TIDAK maka tulis Tidak lulus.
Pada teladan ini jikalau salah satu nilainya lebih dari 70 maka akan menciptakan teks "Lulus".
Seperti yang sudah anda pelajari dari teladan rumus OR di atas kadang kala anda akan memerlukan operator perbandingan excel dalam menggunakan fungsi OR excel ini.
Pada prakteknya anda mesti sungguh-sungguh jeli untuk menegaskan kapan mesti menggunakan fungsi AND dan kapan mesti menggunakan fungsi atau rumus OR excel ini.
Tidak ada komentar untuk "Rumus Or Excel| Tumpuan Dan Cara Menggunakan Fungsi Or Pada Microsoft Excel"
Posting Komentar